Progam Kreatifitas Mahasiswa (PKM(

        Hari senin ini offering SS mengikuti acara di aula D4 dengan judul acara "Pelatihan Penulisan Proposal Progam Kreatifitas Mahasiswa (PKM)" . Acara ini tepat sekali buat saya karena kebetulan saya bidikmisi yang diharuskan untuk membuat PKM jadi saya sangat antusis sekali. Di acara tersebut dijelaskan ada 7 bidang yaitu PKM-P (Penelitian) , PKM-K (Kewirausahaan) ,PKM-M (Pengabdian kepada Masyarakat), PKM-T (Teknologi) ,PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-AI (Artikel Ilmiah), PKM-GT (Gagasan Tertulis). Progam PKM sendiri adalah upaya Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu mahasiswa di Perguruan Tinggi supaya dapat menjadi anggota mastarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologidan kesenian serta memperkaya budaya nasional.
       Tahapan dalam kegiatan PKM di atas dimulai dari pengusulan proposal dari mahasiswa bersama dosen pendamping, dimana mahasiswa dibolehkan mengajukan dua proposal dengan ketentuan menjadi anggota di satu proposal dan menjadi ketua di satu proposal yang lain dengan anggota kelompok PKM 3-5 orang. Kedua adalah evaluasi proposal dan penetapan proposal yang didanai. Ketiga , pelaksanaan dan pelaporan kemajuan kegiatan. Keempat, monitoring dan evaluasi kegiatan. Selanjutnya laporan akhir kegiatan dan pekan ilmiah mahasiswa nasional.
Karena menyesuaikan dengan progam studi saya dan anggota kelompok lain yang sama ,maka kami memilih PKM-K yang berupaya mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada laba yang menghasilkan barang atau jasa komersil. Namun, karena ini masih tahapan awal jadi kelompok saya masih fokus dalam pengerjaan proposal usaha saja ,untuk lolos dalam PIMNAS kami hanya berdo'a yang terbaik saja. Kelompok kami memilih dosen pembimbing PKM yaitu Ibu Lulu Nurul Istanti yang kebetulan dosen akuntansi kami dan bersyukurnya beliau bersedia membimbing kami.

        Demikian cerita saya hari ini, mohon do'anya juga untuk kelompok PKM saya agar lolos PIMNAS ya .


        W
assalamualaikum .

Komentar